Pengertian, Manfaat, Dan Jenis Cryptocurrency

Pengertian, Manfaat, Dan Jenis Cryptocurrency

Berbicara mengenai informasi cryptocurrency, ada banyak hal yang perlu anda ketahui. Salah satu mata uang digital ini memang terkenal dengan tingkat investasi yang tinggi. Walaupun begitu, hal ini juga sebanding dengan resiko yang didapatkan.

Pengertian, Manfaat, Dan Jenis Cryptocurrency

Dalam melakukan transaksi di mata uang digital juga harus mempertimbangkan berbagai halnya. Sebab kalau hanya mempertimbangkan beberapa hal saja bisa menyebabkan salah paham nantinya. Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami berbagai informasinya:

Definisi Crypto Currency

Apa itu Cryptocurrency? Cryptocurrency merupakan salah satu mata uang digital yang memiliki keamanan yang tinggi. Pengguna akan dipermudahkan dengan melakukan transaksi ini melainkan hanya melalui jaringan internet.Dengan menggunakan mata uang ini biasanya didukung dengan adanya teknologi blockchain. Kehadiran teknologi ini memungkin mata uang akan dikontrol secara aman. Bahkan setiap transaksi terjadi akan dijaga secara ketat.

Biasanya ada 2 hal yang diawasi dari teknologi ini, yaitu menjamin keamanan mata uang digital. Selain itu, anda bisa membedakan dengan mata uang biasa. Kalau pada uang rupiah biasanya Bank Indonesia sebagai salat satu bank yang mengawasi penyebaran mata uang Rupiah.

Tetapi kalau di Crypto, biasanya diawasi oleh berbagai komputer dengan tingkat server di seluruh dunia. Oleh karena itu, maka disebutlah teknologi blockchain. Biasanya sistem ini yang akan mencatat transaksi apa saja yang masuk dan keluar.

Baca juga berita seputar Cryptocurrency lainnya disini: 2 Informasi CryptoCurrency yang harus Diketahui

Manfaat Cryptocurrency

Karena mata uang crypto currency news ini berbasis digital, jadi tidak memerlukan perantara antara kedua belah pihak. Melainkan kedua belah pihak bisa langsung saja melakukan transfer atau tukar menukar melalui jaringan internet.

Biasanya setiap pengguna bitcoin akan mendapatkan 2 kunci yaitu private key dan public key. Ibaratnya kalau di atm private key itu pin atm sedangkan public key adalah nomer rekening bank. Dengan menggunakan dua kunci ini bisa menunjukkan kepemilikan bitcoin.

Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan selama menggunakan mata uang digital ini. Pertama, bisa dijadikan sebagai alat pembayaran. Biasanya Bitcoin bisa digunakan sebagai salah satu alat pembayaran yang aman.

Bahkan anda bisa mengirim uang dari dalam negeri ke luar negeri dengan mudah dan cepat. Dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit yang cenderung lebih lama sampainya. Kedua, cepat karena tidak ada perantaranya.

Biasanya pengguna bisa langsung melakukan transaksi hanya dalam hitungan menit saja. Ketiga, memiliki keamanan. Dalam hal ini transaksi bitcoin sudah teruji keamanannya karena didukung dengan teknologi blockchain.

Keempat, terbatas. Hal ini dikarenakan bitcoin hanya diproduksi sekitar 21 juta unit saja. Selain itu, alat mata uang digital ini memang terkenal langka karena produksi yang dihasilkan dari bitcoin memanglah sedikit.

Jenis Mata Uang Cryptocurrency

Jenis Mata Uang Cryptocurrency

Kalau sebelumnya sudah mengetahui tentang arti crypto currency, maka sekarang akan berbicara tentang jenisnya. Pertama, Etherum atau Ether ini merupakan mata uang yang bisa digunakan di dalam Bitcoin.
Pertama kali diciptakan oleh Vitalik Buterin tepat pada tahun 2014 silam. Bertujuan untuk menjadi salah satu platform yang bisa dijalankan oleh berbagai pengguna. Selain itu, hal ini didukung dengan adanya teknologi blockchain didalamnya.

Kehadiran mata uang ini memang berpengaruh baik kepada perekonomian Indonesia. Diharapkan dengan adanya mata uang ini, anda akan lebih mudah dalam melakukan transaksi. Baik untuk sesama dalam negeri maupun di luar negeri.